Hari Ini Fokusnya Tetap pada Pejabat Bank Sentral

Dengan tidak adanya rilis data berdampak besar pada pertengahan minggu ini, pelaku pasar akan terus mencermati komentar dari para pejabat bank sentral. Eurostat akan merilis data Penjualan Ritel untuk bulan September dan kalender ekonomi AS akan menampilkan data Indeks Optimisme Ekonomi IBD/TIPP untuk bulan Oktober bersama dengan Inventaris Perdagangan Besar untuk bulan September.

Gubernur Bank of England (BoE) Andrew Bailey akan menyampaikan pidato utama di ‘Konferensi Sistem Keuangan, mencapai hasil yang baik di dunia yang tidak pasti’ yang diselenggarakan oleh Central Bank of Ireland. Hari ini, Ketua Federal Reserve (The Fed) akan menyampaikan pidato pembukaan di hadapan Konferensi Centennial Divisi Riset dan Statistik Federal Reserve. Gubernur Fed Lisa Cook dan Presiden Fed New York John Williams juga akan berbicara selama jam-jam perdagangan Amerika. Presiden European Central Bank (ECB) Christine Lagarde akan berpartisipasi dalam pertemuan Eurogroup di Brussels. Kepala ekonom ECB Philip Lane dan pembuat kebijakan Pablo Hern√°ndez de Cos dan Joachim Nagel juga akan menyampaikan pidato.

Sentimen hati-hati di pasar memungkinkan Dolar AS (USD) mengumpulkan kekuatan terhadap mata uang utama lainnya pada hari Selasa dan Indeks USD menutup hari kedua berturut-turut di wilayah positif. Rabu pagi ini, Indeks USD terus menguat, didukung oleh kenaikan imbal hasil obligasi Pemerintah AS. Pada saat berita ini dimuat, benchmark imbal hasil obligasi Pemerintah AS 10-tahun naik hampir 1% hari ini ke 4,61%, sementara indeks saham berjangka AS diperdagangkan sedikit lebih rendah.

EUR/USD mencatat penurunan untuk hari kedua berturut-turut pada hari Selasa dan mundur di bawah 1,0700 di pagi Eropa.

GBP/USD turun lebih dari 50 pip dan ditutup di bawah 1,2300 pada hari Selasa. Pasangan mata uang ini tetap tertekan pada Rabu pagi dan terus bergerak lebih rendah menuju 1,2250.

Data dari Jepang menunjukkan bahwa Indeks Ekonomi Utama turun ke 108,7 pada bulan September dari 109,2. USD/JPY tidak menunjukkan reaksi terhadap data ini dan terakhir terlihat berfluktuasi di atas 105,50.

Emas turun ke terendah 10-hari di bawah $1.960 pada hari Selasa namun berhasil menghapus sebagian kecil penurunannya di akhir sesi Amerika. XAU/USD relatif tenang pada awal hari ini dan bergerak naik turun dalam saluran sempit sedikit di bawah $1.970.


sumber : fxstreet