RUSIA KE OPEC: PEMANGKASAN PRODUKSI MINYAK LEBIH DALAM TAK MASUK AKAL


Anjloknya harga minyak dunia pada minggu ini tak terhindarkan. Wakil menteri energi Rusia dalam sebuah wawancara dengan Reuters pada hari Rabu mengatakan, pengurangan produksi tidak lagi masuk akal karena tidak jelas seberapa dalam dampak dari virus corona terhadap permintaan. Pada pekan lalu, Arab Saudi gagal mendapatkan dukungan Moskow untuk pengurangan produksi lebih dalam pada pertemuan Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak dan sekutunya, yang dikenal sebagai OPEC +.

Menyusul ketidaksepakatan, Arab Saudi telah mengancam akan membanjiri pasar dengan minyak. Harga minyak LCOc1 turun sebanyak sepertiga pada hari Senin dan jatuh lagi pada hari Rabu menjadi sekitar US$ 36 per barel. OPEC telah mengusulkan untuk memperdalam penurunan 1,5 juta barel per hari (bph) dan Rusia diminta untuk memotong 300.000 barel per hari tambahan.

Pavel Sorokin, wakil menteri energi Rusia, mengatakan komitmen yang akan menggandakan jumlah pemangkasan produksi Moskow menjadi 600.000 barel per hari itu sebagai tantangan teknis. Dia mengatakan tidak ada gunanya memotong sampai setelah semua orang mengerti seberapa tajam permintaan bisa jatuh. “Kami tidak bisa melawan situasi permintaan yang menurun ketika tidak ada kejelasan tentang di mana posisi terendah (permintaan) berada,” kata Sorokin.

Dia menambahkan, “Sangat mudah untuk terjebak dalam lingkaran ketika, dengan memotong produksi satu kali, Anda masuk ke dalam situasi yang lebih buruk dalam dua minggu: harga minyak akan segera bangkit kembali sebelum akhirnya jatuh lagi karena permintaan yang terus menurun.”

Rusia telah mengusulkan perpanjangan pemangkasan gabungan OPEC + yang ada sebesar 1,7 juta barel per hari,  setidaknya satu kuartal lagi untuk mencoba menilai dampak nyata pada permintaan dari virus corona, tetapi OPEC menolak. Mulai 1 April, semua produsen OPEC + sekarang dapat memompa minyak dengan bebas. “Kami melihat situasi pasar (saat ini) dapat diprediksi namun tidak menyenangkan … Kekuatan pasar dan pasar akan mengaturnya dengan cukup cepat,” kata Sorokin.

BUKAN PERANG

Sorokin mengatakan Rusia terbuka untuk berbicara dengan OPEC lagi jika situasinya memungkinkan dan tidak terlibat dalam perang harga. “Semua saluran komunikasi terbuka, tetapi saya tidak dapat memprediksi kapan kita akan bertemu lagi – ini sangat tergantung pada mitra kami,” katanya. Produsen minyak Rusia, yang menghargai minyak mentah mereka dalam dolar di pasar dunia, akan dilindungi oleh nilai tukar dolar-rubel.

“Kami tidak dalam perang harga dengan siapa pun … Kami kompetitif. Kami mengawasi pasar dan memahami bahwa situasi seperti itu akan membantu pasar pulih. Proyek-proyek mahal akan hilang,” kata Sorokin. Rusia dapat dengan cepat menambah 200.000-300.000 barel per hari ke dalam produksinya, meningkatkannya menjadi 500.000 barel per hari dalam beberapa bulan ke depan, yang akan membuat produksi kondensat minyak dan gas Moskow menjadi sekitar 11,80 juta barel setara minyak per hari (boepd).

Perpecahan minggu lalu antara Rusia dan OPEC berakhir setelah hampir tiga tahun koordinasi. Sorokin mengatakan bahwa itu berarti perusahaan mulai berinvestasi dalam minyak berbiaya tinggi lagi, mengurangi dampak lebih besar akibat pengurangan produksi oleh negara-negara produsen.

Sorokin melihat keseimbangan pasar minyak berada pada US$ 45-55 per barel, yang nyaman bagi produsen dan cukup rendah bagi ekonomi global untuk pulih dari dampak virus corona. Jika tidak ada guncangan lebih lanjut, Sorokin memprediksi harga minyak akan naik menjadi US$ 40-45 per barel pada paruh kedua tahun ini dan menjadi US$ 45-50 – pada tahun 2021.

 

Sumber : https://snip.ly/5gsr1r#https://vlsindonesia.com/rusia-ke-opec-pemangkasan-produksi-minyak-lebih-dalam-tak-masuk-akal/

Tinggalkan komentar:
GUEST
Financial Brokers Rating. currency-trading-brokers.com

Perdagangan dalam CFD dan produk dengan leverage umumnya melibatkan potensi keuntungan yang besar dan juga risiko kerugian yang besar, anda bisa mendapatkan banyak dalam waktu yang lebih singkat, tetapi anda juga mungkin kehilangan semua modal yang diinvestasikan. Anda harus mendapatkan saran finansial, legal, perpajakan dan saran profesional lainnya sebelum bergabung dalam transaksi CFD untuk meyakinkan bahwa ini merupakan hal yang cocok dengan tujuan, kebutuhan dan keadaan anda.

Pakuwon Center
Superblock Tunjungan City
Office Building Lt. 15 Unit 5-7
Jl. Embong Malang No. 1, 3, 5
Surabaya 60261
0800 - 156 - 5758
+62 31 9924 8699