Data Inflasi AS Landai, Harga Emas Melonjak Tinggi


Harga emas dunia naik pada perdagangan hari Rabu, setelah data indeks harga konsumen atau inflasi Amerika yang landai meredakan kekhawatiran bahwa Federal Reserve akan mengurangi dukungan ekonominya lebih cepat dari estimasi.

Mengutip CNBC, Kamis (12/8/2021) harga emas di pasar spot melesat 1,4 persen menjadi 1.752,46 dolar AS per ounce. Sementara, emas berjangka Amerika Serikat ditutup melambung 1,2 persen menjadi 1.753,30 dolar AS per ounce.

Laporan ketenagakerjaan Amerika yang solid minggu lalu memukul emas dan mempertahankannya kejatuhannya di bawah angka kunci 1.800 dolar AS karena investor khawatir The Fed akan segera melakukan tapering.

"Tetapi data pada Rabu menunjukkan indeks harga konsumen Amerika untuk periode Juli meningkat sesuai ekspektasi, yang meredakan kekhawatiran tersebut dan mendukung emas, kata Phillip Streible, Chief Market Strategist di Blue Line Futures, Chicago.

"Angka inflasi yang sejalan itu membuat The Fed menggaruk-garuk kepala dan membuat mereka lebih pada tipe pendekatan wait-and-see dan menafsirkan lebih banyak data." Tambahnya.

Lebih lanjut mendorong emas, dolar turun dari level tertinggi dalam lebih dari empat bulan dan imbal hasil US Treasury tergelincir, mengurangi opportunity cost memegang logam kuning yang tidak memberikan bunga.

Michael Matousek, Head Trader U.S. Global Investors, mencatat inflasi tetap pada level tertinggi 13 tahun pada basis tahunan untuk periode Juli, dan mengatakan inflasi yang terus-menerus dapat mendorong harga emas lebih tinggi bahkan dalam menghadapi kenaikan suku bunga.

Logam lainnya, perak naik 1 persen menjadi 23,55 dolar AS per ounce, platinum melambung 2,5 persen menjadi 1.020,07 dolar AS per ounce, sementara paladium turun 0,3 persen menjadi 2.633,90 dolar AS per ounce.

Sumber : suara.com

Tinggalkan komentar:
GUEST
Iya
GUEST
Iya
GUEST
Iya
GUEST
Ita
GUEST
Iya
GUEST
Iya

Perdagangan dalam CFD dan produk dengan leverage umumnya melibatkan potensi keuntungan yang besar dan juga risiko kerugian yang besar, anda bisa mendapatkan banyak dalam waktu yang lebih singkat, tetapi anda juga mungkin kehilangan semua modal yang diinvestasikan. Anda harus mendapatkan saran finansial, legal, perpajakan dan saran profesional lainnya sebelum bergabung dalam transaksi CFD untuk meyakinkan bahwa ini merupakan hal yang cocok dengan tujuan, kebutuhan dan keadaan anda.

Pakuwon Center
Superblock Tunjungan City
Office Building Lt. 15 Unit 5-7
Jl. Embong Malang No. 1, 3, 5
Surabaya 60261
0800 - 156 - 5758
+62 31 9924 8699