OPEC+ Bawa Kabar Gembira, Harga Minyak Melesat ke Atas US$ 40


Harga minyak mentah naik pada perdagangan pagi ini dan kembali ke level US$ 40/barel setelah mendapat kabar gembira dari para produsen minyak yang tergabung dalam OPEC+.

Jumat (19/6/2020) harga minyak mentah melanjutkan penguatan yang terjadi pada perdagangan kemarin. Pada 08.35 WIB, harga minyak mentah untuk kontrak berjangka Brent naik 0,34% ke US$ 41,68/barel. Pada saat yang sama harga minyak acuan Negeri Paman Sam yakni WTI naik 0,51% ke US$ 39,04/barel.

Sebelumnya harga minyak sempat tertekan karena stok minyak mentah AS pekan lalu dilaporkan naik. Namun komitmen OPEC+ untuk terus memangkas pasokan turut menopang harga emas hitam.

OPEC+ sepakat untuk memperpanjang periode pemangkasan produksi sebanyak 9,7 juta barel per hari (bpd) atau setara dengan 10% output global hingga Juli nanti. Namun hal ini terkendala oleh beberapa negara yang memiliki komitmen rendah seperti Iraq.

Reuters melaporkan, OPEC+ hanya mampu memangkas produksi sebesar 87% dari yang sudah ditetapkan pada Mei lalu. OPEC+ terus menekan negara-negara dengan komitmen rendah untuk mengkompensasinya.

Iraq sepakat untuk memangkas produksi ekstra hingga beberapa bulan ke depan. Sehingga meski pemangkasan output setelah Juli seharusnya lebih rendah volumenya yakni menjadi 7,7 juta bpd hingga Desember, seharusnya mendapat tambahan dari negara-negara yang berkomitmen rendah.

Menambah sentimen positif, permintaan minyak saat ini diperkirakan juga berada pada jalur pemulihan. Komentar dari trader minyak global, Vitol dan Trafigura tentang rebound dalam permintaan minyak pada bulan Juni, dilaporkan oleh Bloomberg, juga mendukung pasar, kata ANZ Research.

Sumber : https://www.cnbcindonesia.com/market/20200619084032-17-166471/opec--bawa-kabar-gembira-harga-minyak-melesat-ke-atas-us--40


Tinggalkan komentar:

Perdagangan dalam CFD dan produk dengan leverage umumnya melibatkan potensi keuntungan yang besar dan juga risiko kerugian yang besar, anda bisa mendapatkan banyak dalam waktu yang lebih singkat, tetapi anda juga mungkin kehilangan semua modal yang diinvestasikan. Anda harus mendapatkan saran finansial, legal, perpajakan dan saran profesional lainnya sebelum bergabung dalam transaksi CFD untuk meyakinkan bahwa ini merupakan hal yang cocok dengan tujuan, kebutuhan dan keadaan anda.

Pakuwon Center
Superblock Tunjungan City
Office Building Lt. 15 Unit 5-7
Jl. Embong Malang No. 1, 3, 5
Surabaya 60261
0800 - 156 - 5758
+62 31 9924 8699