Bank Dunia Pangkas Perkiraan Pertumbuhan Ekonomi Tiongkok di 2022-2023


Bank Dunia atau World Bank memutuskan untuk memangkas perkiraan pertumbuhan ekonomi Tiongkok di tahun ini. Hal tersebut karena pandemi covid-19 dan pelemahan di sektor properti menghantam ekonomi terbesar kedua di dunia itu. Mengutip The Business Times, Selasa, 27 Desember 2022, dalam sebuah pernyataan, Bank Dunia memangkas perkiraannya menjadi 2,7 persen untuk tahun ini dari perkiraan 4,3 persen pada Juni. Angka itu juga merevisi perkiraannya untuk tahun depan dari 8,1 persen menjadi 4,3 persen. Kedua angka tersebut jauh di bawah target pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) yang dinyatakan Beijing untuk tahun ini sekitar 5,5 persen, angka yang diyakini banyak analis sekarang tidak dapat dicapai.

Setelah tiga tahun penguncian mendadak, pengujian massal, karantina panjang, dan pembatasan perjalanan, Tiongkok bulan ini tiba-tiba meninggalkan kebijakan nol-covid-nya. Tetapi gangguan terhadap bisnis terus berlanjut ketika kasus melonjak dan beberapa pembatasan tetap diberlakukan. "Adaptasi berkelanjutan dari kebijakan covid-19 Tiongkok akan sangat penting, baik untuk memitigasi risiko kesehatan masyarakat maupun untuk meminimalkan gangguan ekonomi lebih lanjut," kata Direktur Perwakilan Bank Dunia untuk Tiongkok, Mongolia, dan Korea Mara Warwick.
 
"Tekanan yang terus-menerus di sektor real estat –yang menyumbang sekitar seperempat dari PDB tahunan– dapat memiliki dampak ekonomi makro dan keuangan yang lebih luas," kata Bank Dunia. Ditambahkan bahwa risiko dari cuaca ekstrem yang disebabkan oleh perubahan iklim dan perlambatan global yang lebih luas juga mengancam pertumbuhan. Perlambatan di Tiongkok terjadi karena ekonomi global terpukul oleh lonjakan suku bunga yang ditujukan untuk memerangi inflasi yang tak terkendali yang dipicu perang Rusia di Ukraina.


Sumber : Medcom.id


Tinggalkan komentar:

Perdagangan dalam CFD dan produk dengan leverage umumnya melibatkan potensi keuntungan yang besar dan juga risiko kerugian yang besar, anda bisa mendapatkan banyak dalam waktu yang lebih singkat, tetapi anda juga mungkin kehilangan semua modal yang diinvestasikan. Anda harus mendapatkan saran finansial, legal, perpajakan dan saran profesional lainnya sebelum bergabung dalam transaksi CFD untuk meyakinkan bahwa ini merupakan hal yang cocok dengan tujuan, kebutuhan dan keadaan anda.

Pakuwon Center
Superblock Tunjungan City
Office Building Lt. 15 Unit 5-7
Jl. Embong Malang No. 1, 3, 5
Surabaya 60261
0800 - 156 - 5758
+62 31 9924 8699