Tensi AS-China Naik, USS Ronald Reagan ke Laut China Selatan


Situasi Amerika Serikat dan China tetap saja tegang di Laut China Selatan (LCS). Kali ini, kapal induk Angkatan Laut (AL) AS, Ronald Reagan dan kelompok penyerangnya kembali ke perairan kaya sumber daya alam itu, Kamis (15/10/2020).

Ini merupakan ketiga kalinya Ronald Reagan kembali ke LCS di 2020. Kapal induk yang berbasis di Jepang itu bergabung dengan Carrier Air Wings 5, kapal penjelajah berpeluru kendali Antietam, dan kapal perusak John S. McCain dan Halsey.

Sebagaimana dikutip dari NavyTimes, angkatan laut AS akan kembali melakukan latihan di sana. Komandan pasukan menegaskan ini adalah komitmen AS untuk mempertahankan akses kebebasan navigasi di LCS.

"Kami melanjutkan tradisi panjang kami yang menunjukkan komitmen AS untuk penggunaan yang sah dari laut dan mempertahankan akses terbuka ke kepentingan internasional," kata Komandan Kelompok Pemogokan Laksamana Muda George Wikoff dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu sebelumnya, Presiden China Xi Jinping meminta AL China meningkatkan kesiapan berperang. "Kalian harus memfokuskan pikiran dan energi untuk persiapan pergi berperang dan waspada," katanya sebagaimana dikutip media Hong Kong itu dari CCTV, Selasa (14/10/2020).

"Angkatan Laut memiliki banyak misi berbeda ... seperti, harus mendasarkan pelatihan Anda pada kebutuhan untuk berperang ... dan meningkatkan standar pelatihan dan kemampuan tempur."

Di China, Xi merupakan Kepala dari Komisi Militer. Ia pun meminta AL untuk bersiap dengan tugas penting, yakni menjaga kepentingan dan teritori China.

Klaim China atas 80% wilayah ini dengan konsep sembilan garis putus-putus, membawa AS masuk ke kawasan dengan dalih kebebasan navigasi dan melindungi sekutu. Karena LCS, Tirai Bambu bersitegang dengan Malaysia, Vietnam, Filipina, Brunei dan Thailand.


Sumber : cnbcindonesia.com


Tinggalkan komentar:

Perdagangan dalam CFD dan produk dengan leverage umumnya melibatkan potensi keuntungan yang besar dan juga risiko kerugian yang besar, anda bisa mendapatkan banyak dalam waktu yang lebih singkat, tetapi anda juga mungkin kehilangan semua modal yang diinvestasikan. Anda harus mendapatkan saran finansial, legal, perpajakan dan saran profesional lainnya sebelum bergabung dalam transaksi CFD untuk meyakinkan bahwa ini merupakan hal yang cocok dengan tujuan, kebutuhan dan keadaan anda.

Pakuwon Center
Superblock Tunjungan City
Office Building Lt. 15 Unit 5-7
Jl. Embong Malang No. 1, 3, 5
Surabaya 60261
0800 - 156 - 5758
+62 31 9924 8699